Tim Arkeologi Jogjakarta telah merampungkan esvakasi di situs Ngurawan Dolopo Madiun. Kesimpulan sementara tim tersebut, bahwa ada sebuah pemukiman masyarakat kuno yang hidup 600 tahun lalu.

paringan.blogspot.com

Setelah 10 hari melakukan penggalian dan penelitian, tim Balai Arkeologi Jogjakarta menyimpulkan jika lokasi ditemukannya berbagai macam benda bersejarah adalah sebuah pemukiman masyarakat kuno.

Kesimpulan tersebut di dapat setelah ditemukannya tumpukan batu bata besar yang tertata rapi layaknya tembok di area pekarangan rumah warga (Gatot). Tak hanya di lokasi tetapi tumpukan batu bata serupa di temukan di 5 lokasi.

Staf Balai Arkeologi Jogyakarta, Rita Istari mengungkapkan sebelumnya tim juga menemukan berbagai macam pecahan perabot rumah tangga dari tanah liat, patung, serta batu yang menyerupai lumpang, dan uang kuno.

Selain itu Tim juga menemukan beberapa benda yang di duga kedaton kerajaan Ngurawan, zaman kerajaan Majapahit pada abad 13-15 M. Penggalian ini telah mendapat respon positif dari pemkab Madiun agar situs Ngurawan nantinya bisa menjadi objek wisata budaya.

Meski belum dapat diidentifikasi secara gamblang, namun upaya penggalian sedikit membuka misteri situs Ngurawan. Balai Arkeologi Jogjakarta bakal melanjutkan ekskavasi hingga tahun depan.



Dilansir : Pojok7